Minggu, 25 Oktober 2009

xvid




Xvid adalah suatu proyek open source yang memfokuskan pada maslah video kompresi dan perkembangannya. Dengan xvid codec kita bisa menekan jumlah file data video yang akan kita kompresikan menjadi jumlah file yang lebih kecil sebagai sarana pertukaran data lewat bandwith internet, CD dan DVD serta untuk efisiensi hard disk kita dalam komputer. Dan kehadiran xvid ini dengan cepat menjadi populer dikarenakan kehandalannya dibanding dengan rival-rivalnya.
Xvid dibuat untuk mendukung program open source yang sekarang sedang gencar digunakan oleh para profesional dan pelajar. Xvid muncul pada tahun 2001, yang menfokuskan pada MPEG-4 video kompresi. Yang istimewa ialah kompresi xvid begitu bagusnya bahakan dalam rasio pixel yang tinggi. Saya pernah melakukan kompres video avi kontainer durasi 1 jam dengan jumlah 12 gega setelah saya kompres xvid kini hanya sejumlah 1.2 gega saja. Dan setelah saya amati hampir tidak ada perubahan yang signifikan dari avi yang 12 gega dengan xvid yang cuma 1.2 gega. Kualitas masih sama. Hal ini tentu amat meudahkan para pengembang video yang ingin men yimpan datanya dalam format yang lebih kecil. Bandingkan dengan format MPEG-2 atau DVD yang durasi 1 jam bisa memakan harddisk 4.7 gega. Tentu hal ini adalah efisiensi yang cukup besar. Kelemahannya ialah file xvid belum bisa diedit oleh program-program populer. Seperti Premiere, Vegas dan lain-lain. Ketika saya taruh file tersebut dalam Timeline hanya suara saja yang terdengar. Sementara file gambar blank. Akan tetapi beberapa lalu ketika saya mencoba pakai TMPEG Xpres Ver.4. File tersebut bisa muncul gambar dan suaranya. Saya rasa ke depan mungkin Xvid akan bisa diedit di beberapa program editing standar. Sehingga efisiensi data bisa teratasi. Dengan hardisk 80 gega kita bisa menyimpan puluhan file video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar